Jumat, 12 Desember 2014

Wisata Pantai Tanjung Bira Bulukumba

Tanjung Bira Bulukumba Sulawesi Selatan (Sumber : www.indonesianholic.com)
Awalnya, saya diajak oleh pembina Pramuka saya untuk berlibur ke Tanjung Bira, karena Purna Pengurus Ambalan DR. Ratulangi - M.W. Maramis Pangkalan SMA Negeri 2 Sengkang telah melaksanakan Ujian Nasional. Maklum, karena saya juga bagian dari ambalan tersebut. Dan akhirnya saya memutuskan untuk ikut kesana dan bernostalgia kembali dengan Pembina Pramuka saya dan juga dengan adik-adik Purna Pengurus Ambalan.

Tanjung Bira terletak di daerah ujung paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Tanjung bira terkenal dengan pantai pasir putihnya yang cantik. Airnya jernih, baik untuk tempat berenang, berjemur dan menikmati keindahan gradasi air lautnya. Disini kita dapat menikmati matahari terbit dan terbenam dengan cahayanya yang indah. Pantai bira yang sudah terkenal hingga mancanegara, kini sudah ditata menjadi kawasan wisata yang patut di andalkan. Berbagai sarana sudah tersedia, seperti perhotelan, restoran, snorkling serta sarana telekomunikasi. Tanjung Bira terletak sekitar 232 km dari Kota Sengkang atau 200 km dari Kota Makassar dan 40 km dari Kota Bulukumba.

Kami berangkat siang dari Kota Sengkang menuju Tanjung Bira Bulukumba dengan menggunakan Bus, dalam perjalanan selingan canda gurau menyertai dan terkadang seseorang yang dihakimi sebagai bahan guyonan dalam perjalanan. Singkat cerita kami tiba Malam di Tanjung Bira, setelah mendapatkan penginapan, semua bergegas turun dan mengevakuasi barang-barangnya.
Foto Purna Pengurus di Depan Penginapan
Setelah mengevakuasi barang-barang dan makan malam, kami tidak langsung tidur, melainkan kami pergi ke pesisir pantai untuk menikmati suasana malam dan mendengarkan suara ombak.
Jangan Tidur Ipul, Malam Masih Panjang
Api Unggun Menemani di Malam Hari
Tetap Tersenyum di Malam Hari
Pagi hari telah menyapa, saatnya berpetualang sambil menghilangkan kepenatan yang ada dalam pikiran. Selamat beraktifitas semuanya.
Bersama Ibunda Hamdana dan Ibunda Nur Asibah
Jangan Takut Panas, Banana Boatnya Sudah Siap
Ija' Pura-Pura Tidak Sadar Kamera
Bersama Kak Haris dan Kak Firman
Mantap Gayanya, Biarkan yang Lain Berenang
Lagi Berjemur dan Narsis
Sorry Yah, Kalau Terhalang Kepalang Tangan
Gaya Unik yang Kompak
Itulah cerita Wisata Pantai Tanjung Bira dari Ambalan DR. Ratulangi - M.W. Maramis.